Program Studi D-III Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)


Program Studi Diploma III Teknik Listrik Bandar Udara

A. Deskripsi Prodi D.III TLB
Program studi Teknik Listraik Bandara Udara merupakan Teknik Elektro-nya bidang Penerbangan. Program studi DIploma III Teknik Listrik Bandara mempelajari tentang kelistrikan bandar udara yang mencakup penerangan bandara serta sistem kelistrikan disisi udara (air side) yang disebut dengan Air Fiel Lighting.

Didalam pembelajaran mata kuliah teknik listrik bandara akan mendapatkan pengetahuan tentang seberapa besar daya listrik dibutuhkan oleh suatu bandara untuk mengoperasikan seluruh peralatan yang menunjang aktifitas bandara. selain itu akan iajarkan juga bagaimanan pengoperasian dan pemeliharaan kelistrikan bandara dan melakukan perbaikan.

namun ilmu yang didapat tidak cuma sebatas pengetahuan kelistrikan bandara saja, tapi lebih luas pada pengetahuan instalasi dan geerator.

B. Tujuan
Tujuan dibentuknya Program Studi D3 Teknik Listrik Bandar Udara di Politekik Penerbangan jayapura diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dalam mengoperasikan, memelihara, memperbaiki, menganalisa, merencaknakan/desain pemasangan pada perubahan sistem peralatan kelistrikan bandar udara, dengan kompetensi sebagi berikut :

1. mampu mengoperasikan, memelihara/merawat, memperbaiki tingkat rngan peralatan Airfield Lisghting System.
2. Mampu mengoperasikan, memelihara/merawat,memperbaiki tingkat ringan peralatan Constant Current regulator (CCR)
3. Mampu mengoperassikan memelihara/Merawat, memperbaiki tingkat rigan peralatan Aircraft Docking Guidance System (ADGS)
4. Mampu mengoperasikan memelihara/merawat memperbaiki tingkat ringan peralatan Generator Set dan Automatic Change Over Switch (ACOS)
5. Mampu mengoperasikan memelihara/merawat, memperbaiki tingkat ringan peralatan Transmisi dan Distribusi
6. Mampu mengoperasikan memeliharan/merawat, memperbaiki tingkat ringan peralatan Uninterruptible Power Supply (UPS)

C. Prospek Kerja
Lulusan D.III Teknik Listrik Bandara yang telah mendapat lisensi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dapat menjadi sumber daya yang dibutuhkan di sektor kebandaraudaraan seperti Angkasa Pura I dan II serta Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia. Karena meiliki pengetahuan elektronika yang luas dan tidak hanya sebatas pengetahuan tentang alat-alat listrik bandara, maka lulusan prodi ini juga bisa bekerja diluar sektor penerbangan yang terkait pada bidang elektro