Wali Kota Lantik 72 Taruna-Taruni Poltek Penerbangan Jayapura

Jayapura, Dharapospapua.com – Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano melantik 72 taruna-taruni Politeknik (Poltek) penerbangan Jayapura tahun akademik 2019-2020, sekaligus pembukaan Diklat Airnav scholarship program, senin (30/9/2019) di Gedung Serbaguna Poltek setempat di kampong Kayu Batu, distrik Jayapura Utara, kota Jayapura.

Pelantikan dan pembukaan Diklat ditandai dengan pemasangan Muts, Evolet dan Chevron serta penyematan tanda siswa oleh Wali Kota Jayapura didampingi Direktur Politeknik Penerbangan Jayapura, Elsakri.

Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano, dalam sambutannya meminta civitas akademik Politeknik penerbangan kemenhub Jayapura ikut mendukung program pemerintah kota Jayapura, khusus di bidang pendidikan, kebersihan dan kesehatan. Dimana dalam bidang kebersihan untuk mengurangi sampah plastik dengan cara menggunakan kantong berbahan non plastik saat melakukan segala aktivitas sehari-hari.

“Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan mulai dari lingkungan masing-masing dan buanglah sampah pada tempat dan pada jam-jam yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan daerah kota Jayapura, nomor 11 tahun 2015 dan yang sudah direvisi menjadi nomor 13 tahun 2017 tentang penyelenggaraan kebersihan,” ujarnya.

Walikota Tomi Mano, menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Politeknik penerbangan Jayapura yang ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di tanah Papua khususnya kota Jayapura sebagai Barometer dan kota studi.

“Tentu dalam rangka menciptakan tenaga tenaga yang alih khususnya di bidang penerbangan demi pembangunan Papua secara umum ke arah yang lebih baik. Sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi kedinasan Kemenhub Politeknik penerbangan Jayapura telah memberikan sumbangsih dan peran positif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Papua, dan pada umumnya lulusan Politeknik penerbangan Jayapura telah bekerja di berbagai lembaga baik pemerintah maupun swasta,” ungkapnya.

Menurut Wali Kota, masa dasar pembentukan karakter (Madatukar) merupakan masa pembentukan karakter dari berbagai Latar belakang pendidikan menengah atas menjadi satu visi misi dan satu tujuan yaitu menjadi taruna-taruni penerbangan Jayapura yang nantinya menjadi tenaga handal kompetensi serta kader calon pemimpin di bidang penerbangan baik di pemerintahan.

“Untuk itu walaupun telah menyelesaikan madatukar dan menjadi taruna remaja diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan dalam proses pendidikan yang akan ditempuh baik jenjang D1 dan D3 dengan terus mengikuti berbagai perkembangan ilmu pengetahuan yang terjadi,” katanya.

Wali Kota mengingatkan para taruna, agar jangan pernah berhenti untuk belajar karena sumber belajar tidak hanya dari dosen instruktur dan pelatih di kampus saja tetapi dari segala persoalan kesukaran bahkan lingkungan sekitar juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan.

“Jadilah taruna remaja yang berprestasi minimalisir setiap pelanggaran dan setiap peraturan kehidupan sebagai taruna remaja penerbangan Jayapura, anda sekalian adalah putra-putri terbaik yang terpilih dari sekian banyak untuk mengikuti pendidikan di sini,” tandasnya.

Dijelaskan Wali Kota, Jika sudah memutuskan untuk mengabdikan diri di dunia penerbangan Indonesia maka Jadilah kader-kader yang handal di bidang penerbangan untuk menjadikan penerbangan Indonesia agar dapat disejajarkan dengan negara-negara lain yang sudah maju dalam bidang penerbangan.

“Kita ciptakan sebuah peradaban dan generasi emas di kota Jayapura dengan begitu maka kota Jayapura sebagai Kota smart city yang beriman bersatu Mandiri Sejahtera modern berbasis kearifan lokal akan terwujud karena kerja sama semua elemen masyarakat,” imbuhnya.

Wali Kota Berharap, Politeknik penerbangan Jayapura yang ditunjuk sebagai salah satu venue PON XX tahun 2020 dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya begitu juga para alumni Politeknik penerbangan kemenhub Jayapura dan seluruh masyarakat kota Jayapura dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin.

“Pesan saya kepada seluruh civitas akademika Politeknik penerbangan Kementerian Perhubungan Jayapura dan juga seluruh alumni untuk ikut berpartisipasi aktif dalam menangkal beredarnya berita berita hoax, karena beredarnya berita-berita hoax atau yang tidak pasti kebenarannya tersebut bisa menimbulkan keresahan di tengah masyarakat dan konflik sosial yang merugikan semua pihak,” pungkasnya.

Uasi upacara pelantikan dilakukan tradisi pegukuhan istri Wali Kota Jayapura ,Ny Krsithin Manosebagai Ibu asuh Taruna-Taruni.

(HAR)

Sumber : https://www.dharapospapua.com/2019/09/wali-kota-lantik-72-taruna-taruni.html